SELINTAS KILAS SEJARAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM

(STAI) Balikpapan

 

                 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan semula bernama fakultas usuluddin didirikan pada tangal 4 Februari 1972 (IAI. Balikpapan). Di bawah KOPERTAIS Wilayah IV IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan Dekan H.M. Idris Anang Masri BA.

                 Setelah berjalan kurang lebih 6 tahun dan telah menghasilkan 11 orang sarjana muda negara, mulai tersendat jalanya karena berbagai kendala akhirnya kegiatan terhenti dari 1980-1985.

                 Atas inisiatif beberapa orang berpengaruh di Yayasan Badan Wakaf Institut Agama Islam Balikpapan, Terutama H. Abdul Hasan terhitung mulai akademik 1985/1986, Fakultas Ushuluddin (STIU) Ibnu Khaldun Balikpapan), diketuai oleh Drs. Ali Usman.

                 Pada awalnya berdirinya melaksanakan program Sarjana muda dengan status terdaftar di Departemen agama dengan keputusan Bapak Menteri Agama : E-/3/50/873/73 tanggal 3 Juni 1972.

                 Dengan adanya penataan kembali Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) oleh Bapak Menteri Agama, maka Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan Ibnu Khaldun Balikpapan melaksanakan Program Strata Satu (S1) dengan Status Terdaftar di Departemen Agama dengan surat Keputusan dengan SK. Dirjen Pendidikan Islam Nomor : DJ.I/03/2007 menjadi Prodi Serjana/S1 PAI. Pada bulan Februari 2010 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) member pengakuan terakreditasi dengan nilai C. Akhirnya pada tanggal 28 Maret 2015 berdasarkan Keputusan Akreditasi Nasional (BAN-PT) Nomor  :  118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 Status Terakreditasi B.

               Demikianlah sejarah singkat dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan.

Balikpapan, 29 Juni 2018

Ketua,

Ttd.

Panitia &Pimpinan STAI Balikpapan