Pendidikan Guru MI

Deskripsi Program Studi    :

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan STAI Balikpapan memiliki Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Program studi PGMI disiapkan untuk mendidik calon guru pada tingkat Dasar (SD/MI). Tujuan umum dari Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan mahir  berpendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang bermanfaat

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) :
“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, dan professional dalam pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang MI/SD dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan”

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
  3. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
  4. Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
  5. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki Kompetensi Pedagogik yakni Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MI/SD;
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki Kompetensi Kepribadian yakni Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru;
  3. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki Kompetensi Sosial yakni Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang MI/SD;
  4. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki Kompetensi Profesional yakni Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang MI/SD.

Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)Kompetensi lulusan yang diharapkan dari program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah sebagai berikut :

1. Kompetensi Paedagogik meliputi:

  • menguasai karakteristik peserta didik anak usia dini dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual;
  • menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak usia MI/SD;
  • mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu;
  • menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  • memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  • memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki;
  • berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik;
  • menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  • memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
  • melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

2. Kompetensi Kepribadian meliputi:

  • bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia;
  • menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  • menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa;
  • menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri;
  • menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

3. Kompetensi Sosial meliputi:

  • bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi;
  • berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat;
  • beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya;
  • berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

4. Kompetensi Profesional meliputi:

  • menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan;
  • menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI);
  • mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif;
  • mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  • memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Standar Kompetensi Lulusan 

Secara generik, standar kompetensi lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) diharapkan mampu menjadi sarjana muslim profesional dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai berikut:

  • Memahami peserta didik MI dan SD Islam;
  • Menguasai materi MI dan SD Islam secara mendalam;
  • Merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada MI dan SD Islam;
  • Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  • Menguasai kinerja diri sendiri;
  • Mengembangkan diri secara berkelanjutan;
  • Bergaul secara santun dan efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat

2. Kompetensi Kepribadian meliputi:

  • bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia;
  • menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  • menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa;
  • menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri;
  • menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

3. Kompetensi Sosial meliputi:

  • bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi;
  • berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat;
  • beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya;
  • berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

4. Kompetensi Profesional meliputi:

  • menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan;
  • menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI);
  • mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif;
  • mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  • memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Prospek Karir:

  • Guru MI dan SD Islam;
  • Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam;
  • Fasilitator dan Pelatih di berbagai Pelatihan Pendidikan MI dan SD Islam;
  • Penulis buku-buku Pendidikan MI dan SD Islam.
  • Pengelola lembaga atau unit bidang Madrasah Ibtidaiyah