Sarana minat bakat Mahasiswa STAI Balikpapan, makin variatif

BALIKPAPAN(AYU)– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaraan, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakulikuler di dalam kampus.

UKM juga merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Setiap sekolah tinggi pasti memiliki UKM ini sebagai sarana yang disediakan oleh pihak kampus untuk memfasilitasi para mahasiswanya untuk mengembangkan minatnya di bidang non akadamik. Dan begitu pula STAI Balikpapan pun memiliki beberapa UKM. Mulai dari akademik dan non akademik.

Hadirnya unit kegiatan ini juga bertujuan untuk menjadi salah satu daya tarik para calon mahasiswa yang akan mendaftar di Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan ini. Yang mana akan menunjang pendidikan atau proses perkuliahan nantinya.

Kata ketua III bidang Kemahasiswaan STAI Balikpapan, H. Sa’dullah, SPd.I, MSI kepada tim Perspektif Mahasiswa(3/11/2021) “Majunya sebuah kampus itu dipengaruhi oleh tingginya rasa memiliki mahasiswa atas kampus dan juga tingginya minat mahasiswa dalam menunjang pendidikan atau proses perkuliahan di STAI,”.

Saat ini sudah berdiri dua UKM di STAI Balikpapan, Yaitu UKM Olahraga dan UKM Jurnalistik. Masing-masing unit memiliki fokus dibidangnya.

UKM Jurnalistik Perspektif Mahasiswa

Unit kegiatan yang baru dibentuk pada pertengahan bulan September ini menjadi sebuah media tempat para mahasiswa yang memiliki minat di bidang membaca, menulis, dan berbicara. Hasil rembukan beberapa mahasiswa serta rapat pembentukan yang khidmat maka berdirilah unit kegiatan ini.

Perspektif Mahasiswa hadir dengan segudang program kerja yang akan turut menaikkan minat baca di STAI Balikpapan. Salah satunya yang akan dilaksanakan adalah Festival Karya Tulis Ilmiah yang akan segera di launching kan dalam waktu dekat ini. Ketua Perspektif Mahasiswa, Muhammad Firdaus pun membenarkan hal itu ketika di wawancarai.

“InsyaAllah kita akan adakan festival karya tulis itu sebagai ajang kompetisi akademik. yang diharapkan nanti akan muncul bibit-penulis hebat atau bahkan pengamat sosial yang mampu berbicara mengenai kondisi daerah mapun nasional,”.

Ukm Perspektif Mahasiswa juga baru saja melakukan kegiatan Pendidikan Dasar Jurnalistik bersama HELLOBORNEO.com . Sebagai edukasi awal bagi para mahasiswa yang memiliki minat atau bakat menulis namun masih awam mengenai dunia jurnalistik itu sendiri. Diisi oleh pemateri yang menguasai bidang jurnalis, editor, dan design grafis.

“Saya bersyukur atas terselenggaranya Pendidikan dasar UKM Perspektif Mahasiswa kemarin, dan Kami dari pihak kampus akan selalu membantu persoalan pendanaan dan fasilitas selama kegiatan itu produktif dan memberikan feedback yang baik bagi kampus. serta saya harap dema terus berinovasi dan komitmen daam menjalankan program-programnya,”.

Pendidiakan Dasar Jurnalistik STAI Balikpapan 2021 bersama HELLOBORNEO.com

“Saya juga sudah komunikasi dengan ketua STAI Balikpapan via whatsapp, bahwa kampus akan selalu mengusahakan agar seluruh UKM yag ada di STAI Balikpapan mendapat bantuan dan fasilitas dari kampus seperti komputer, ruangan, dan lain-lain,” ujar dosen yang terkenal ramah dan baik hati ini kepada tim Perspektif Mahasiswa.(rah/dill)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *